Entri Populer

Selasa, 11 Agustus 2015

soal

       SOAL:

1. Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai komunikasi daring.
2. Jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya.
3. Apakah kelebihan dari komunikasi daring bila dibandingkan dengan komunikasi konvensional?
4. Sebutkan dan jelaskan komponen apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi darin.

       JAWABAN :

 1. Komunikasi daring adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.
Perkembangan pertama komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon,1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, yang diluncurkan pada tahun 1969, akhirnya berkembang menjadi Internet. Internet berasal dari Interconnected Networks yang disingkat menjadi Internetwork atau Internet, yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3. 


2. Jenis Komunikasi Lisan : yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatap muka.
     Jenis Komunikasi menurut lawan bicara, komunikasi pribadi, Komunikasi pribadi, Komunikasiumum.
     Jenis komunikasi menurut jumlah orang yang berkomunikasi, Komunikasi perseorangan, Komunikasi kelompok.
     Jenis komunikasi menurut cara penyampaian, Komunikasi lisan (secara langsung dan tidak langsung), Komunikasi tertulis (gambar atau foto, surat, naskah).
     Jenis komunikasi menurut tujuan, Komunikasi untuk memberi perintah, Komunikasi untuk memberi nasehat atau ucapan selamat, Komunikasi untuk memberi saran atau kritik, Komunikasi untuk berpidato atau ceramah, Komunikasi untuk rapat atau meeting, Komunikasi untuk Perundingan, Komunikasi untuk wawancara.
      Jenis komunikasi menurut prosesnya, Komunikasi langsung (tanpa perantara atau mediator), Komunikasi tidak langsung (menggunakan mediator).
      Jenis komunikasi menurut perilaku, Komunikasi formal (lisan maupun tertulis) Komunikasi informal (lisan maupun tertulis), Komunikasi non formal (lisan maupun tertulis).
      Jenis komunikasi menurut ruang lingkup, Komunikasi Internal (berlangsung dalam suatu organisasi), Komunikasi eksternal (berlangsung antara pihak yang berada di dalam organisasi dengan pihak luar).
      Jenis komunikasi menurut aliran informasi, Komunikasi vertical kebawah (top-down), Komunikasi vertical keatas (botton-up), Komunikasi horizontal, Komunikasi diagonal, Komunikasi satu arah dan dua arah.

3. Dapat dilakukan dimana saja;
    Efisiensi Biaya : menghemat biaya trnsportasi untuk bertemu;
    Efisiensi Waktu : dapat dilakukan dengan cepat.

4. Perangkat keras (hardware) yang diperlukan untuk melaksanakan komunisaki daring antara lain: komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksiinternet. 
    Perangkat lunak (Software) Program diperlukan sebagai jembatan antara pengguna (brainware) dengan perangkat keras (hardware).
     Program-program yang biasa digunakan  antara lain: skype, google+ hangout, webconference, dll. 
     Pengguna atau user (brainware) Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar